Friday, June 22, 2018

Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Pengangguran

Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Pengangguran - Anda baru lulus dan masih menganggur? Atau baru saja keluar dari pekerjaan yang anda tidak suka dan belum mendapat panggilan kerja baru? Walau status anda saat ini merupakan pengangguran, namun jangan biarkan hal ini membuat anda tidak produktif. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang pengangguran agar tetap produktif

Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Pengangguran

1. Menjadi Pekerja Sukarela


Saat anda sedang tidak punya pekerjaan tetap, anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk menjadi pekerja sukarela, apalagi untuk perkara yang menarik perhatianmu.

2. Berjualan Online


Tentu saja ketika menganggur, fakta yang paling menyedihkan adalah tidak adanya aliran penghasilan. Tidak perlu khawatir, anda bisa melihat peluang produk di sekitar anda untuk di jual dengan memanfaatkan media online.

3. Menulis


Menulis adalah salah satu cara untuk tetap produktif meski sedang menganggur. Anda punya blog? Bagus, berarti anda bisa menumpahkan ide-ide yang selama ini tak sempat anda salurkan dalam tulisan di blog.

4. Meningkatkan Skill


Anda punya skill yang ingin anda kembangkan? Atau ingin menambah sertifikasi? Gunakan waktu luang anda sebagai pengangguran ini untuk mengikuti kursus atau pelatihan. Dengan skill-skill baru, anda bisa meningkatkan kualitas CV anda juga, lho!

5. Menjadi Freelancer


Anda punya keahlian yang bisa dimanfaatkan orang lain? Daripada diam-diam saja, anda bisa memanfaatkan situs-situs online yang dirancang khusus untuk mempertemukan para freelancer dengan orang-orang yang membutuhkan jasa mereka. Anda tinggal mendaftar sebagai freelancer dan mencari proyek-proyek yang sesuai dengan keahlian anda. Dengan begitu, anda bisa memanfaatkan waktu dan memperoleh tambahan penghasilan selama menganggur. Asyik, kan?

6. Manjakan Diri Anda


Tak punya pekerjaan bukan berarti anda harus uring-uringan sendiri. Daripada menumpuk stress karena belum dapat pekerjaan, anda wajib memanjakan diri. Mungkin ini saatnya anda melakukan movie marathon atau book marathon seperti yang anda idam-idamkan. Atau anda bisa melakukan travelling ke tempat-tempat yang selama ini anda inginkan. Punya bucketlist? Bisa jadi ini saat yang tepat untuk melakukan semua hal yang anda tulis di bucketlist anda!

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan saat sedang menjadi pengangguran. Jangan hanya malas-malasan di rumah saja. Semoga hal-hal di atas dapat menginspirasi anda.

Penulis : Yohana
Sumber :
https://rula.co.id/post/bosan-menganggur-tetap-produktif-dengan-melakukan-7-hal-ini

Wednesday, May 23, 2018

Apa Itu Aquascape dan Pengertiannya

Apa Itu Aquascape dan Pengertiannya, Apakah anda hobi memelihara atau mengoleksi ikan hias? Jika iya, maka aquarium besar dengan beragam jenis ikan di dalamnya, menjadi hal menarik buat anda. Namun tahukah anda, dalam dunia koleksi ikan, tidak hanya aquarium yang populer. Tapi juga ada istilah Aquascape, yang akhir-akhir ini mulai jadi trend.

Apa Itu Aquascape dan Pengertiannya
Image Source: alamikan.com

Pengertian Aquascape


Lantas apakah yang dimaksud aquascape itu? Banyak orang yang sulit membedakan antara aquarium dan aquascape. Jadi, aquascape adalah sebuah seni menghias aquarium menjadi sebuah lanskap yang unik dengan berbagai ornamen dan ikan-ikan kecil. Dalam membuat sebuah aquascape diperlukan seni dan kreatifitas yang tinggi. Aquarium dan aquascape memiliki persamaan yaitu terbuat dari kaca, bahan acrylic, dan bahan yang lain.

Dewasa ini, perkembangan bisnis aquascape sangat pesat. Tidak sedikit orang yang mendapat keuntungan besar dari bisnis membuat serta memasarkan aquascape ini. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini kami akan bagikan ulasan mengenai perbedaan mendasar antara aquarium dan aquascape. Silahkan disimak dan lihat juga artikel 7 Modal Awal Bisnis Aquascape.

1. Titik fokus


Akuarium merupakan kaca kotak yang berfungsi sebagai tempat tinggal ikan. Untuk aquarium, ia hanya berfokus pada ikan-ikan yang lumayan besar sebagai objeknya. Berbeda dengan aquascape yang berfokus pada ornamen dan isi dari wadah. Ornamen-ornamen tersebut adalah pasir, batu fosil, tanaman air, kayu, dan lainnya.

Sedangkan untuk faunanya, aquascape tidak hanya berfokus pada ikan-ikan kecil. Namun bisa juga ditambah dengan hewan air yang lain, seperti ubur-ubur yang kecil, kepiting, udang, bintang laut, dan kerang. Ikan yang kecil bertujuan agar tidak merusak tanaman air yang ada.

2. Gaya dan desain


Untuk aquarium sendiri, desain yang dipakai lebih monoton dan itu-itu saja. Sedangkan untuk aquascape, terdapat dua gaya yang mendominasi yaitu gaya aquascape alami dan aquascape Belanda. Untuk gaya alami, aquascape lebih menekankan pada sebuah landskap tertentu, misalnya bawah danau, laut, hutan hujan, pegunungan, dan sebagainya.

Di sini, ia menonjolkan pada unsur keselarasan, kecocokan, dan cara pengelompokkan batu, kayu, pasir, dan unsur yang lain. Hal ini dimaksudkan agar tercipta sebuah aquascape yang mirip dengan landskap aslinya. Sedangkan untuk aquascape bergaya Belanda lebih menitik beratkan pada pemilihan dan peletakkan jenis-jenis tanaman air dengan warna yang berbeda (kontras). Dengan warna yang berbeda-beda, efek yang tercipta di dalam air akan lebih menarik.

3. Pembersihan tempat


Banyak orang yang beranggapan bahwa aquascape akan lebih sulit dibersihkan daripada aquarium. Namun pada kenyataannya, air dalam aquascape bisa bertahan lebih lama daripada aquarium. Apa penyebabnya? Aquascape adalah ekosistem buatan yang memiliki makhluk hidup di dalamnya, berupa fauna air kecil dan tanaman air.

Aquascape memiliki tanaman air yang selalu berfotosintesis dan aktif menyerap air, kelebihan nutrisi, dan sisa-sisa kotoran hewan kecil di dalamnya. Di dalam aquascape juga terdapat bakteri-bakteri yang bisa menguraikan kotoran di air. Serta fauna-fauna di dalamnya yang bisa membersihkan air. Hal inilah yang menyebabkan air di dalam aquascape terlihat lebih bersih dan tetap jernih walaupun sudah satu bulan. Berbeda dengan aquarium biasa yang berisikan air dan ikan-ikan yang cukup besar.

Dalam waktu kurang dari satu minggu air di dalamnya akan terlihat kotor, berubah warna, dan baunya menjadi amis. Jika air di aquarium tidak segera diganti dengan air yang bersih, dikhawatirkan ikan-ikan di dalamnya akan mati.

Itulah diatas, sedikit ulasan mengenai apa itu aquascape. Selain banyak keuntungan yang didapatkan, aquascape juga bisa dijadikan ladang bisnis baru yang menggiurkan. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya dengan artikel diatas. Berikanlah komentar anda dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Tuesday, May 22, 2018

7 Modal Awal Bisnis Aquascape

Modal Awal Bisnis Aquascape, Bukan rahasia lagi jika saat ini penggemar aquascape semakin banyak. Trend ini khususnya diminati kalangan menengah ke atas. Dimana untuk melengkapi keindahan salah satu sudut ruangan di rumah, diletakkan aquascape yang cantik dengan aneka fauna air didalamnya.

Modal Awal Bisnis Aquascape
Image Source: advancedaquarist.com

Dengan fakta diatas, tentu saja menjalankan bisnis aquascape cukup menguntungkan dan memiliki prospek cerah untuk jangka panjang. Karena peminatnya makin hari makin banyak saja. Terlebih pelaku bisnis untuk bidang ini, masih belum banyak pemainnya. Jadi masih sangat terbuka lebar potensi kesuksesan yang bisa diraih.

Inilah 7 Modal Awal Bisnis Aquascape Yang Wajib Anda Ketahui


Bicara mengenai potensi keuntungan, beberapa pengusaha aquascape menyatakan jika dalam satu bulan mereka bisa mendapat omset lebih dari 1 miliar. Untuk masalah harga, satu buah aquascape dipatok dengan harga beragam. Bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta, tentunya tergantung jenis aquascapenya.

Lantas, kira-kira berapa modal awal bisnis aquascape?

Walau dipasarkan dengan harga jutaan, ternyata untuk membuat sebuah aquascape sederhana, modal yang diperlukan cukup sedikit yaitu hanya diperlukan budget beberapa ratus ribu saja. Seni estetika yang ada dalam sebuah aquascape lah, yang membuatnya memiliki nilai jual yang tinggi. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian biaya untuk membuat aquascape. Lihat juga artikel terkait tentang 3 Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula.

1. Satu set aquarium


Rata-rata bentuk aquarium yang digunakan untuk membuat aquascape adalah kotak (kubus dan persegi panjang). Harga satu buah aquarium tidak terlalu mahal, yaitu antara 60.000 – 70.000 dengan rata-rata ukuran 60 cmx 40 cm x 40 cm. Untuk mendapatkan satu set aquarium, Anda bisa mendapatkannya di toko kaca atau datang langsung ke tempat produksi aquarium.

2. Filter udara


Filter untuk aquascape bisa berbentuk seperti pipa-pipa atau tabung. Filter ini sendiri berfungsi untuk menyaring air di dalam aquarium agar selalu dalam keadaan yang bersih. Untuk praktik membuat aquascape, gunakan filter yang berharga murah yaitu sekitar Rp 50.000.

3. Lampu


Dunia bawah air selalu terkena sinar matahari agar tanaman bawah air bisa berfotosintesis. Namun jika sebuah tanaman air diletakkan di dalam aquarium, darimana ia bisa memperoleh energi tersebut? Tentu saja dari lampu yang di pasang di sekeliling aquarium. Sinar yang dipancarkan lampu tersebut bisa digunakan tanaman air di dalam aquarium untuk berfotosintesis. Hal ini akan membuat tanaman air tersebut senantiasa segar dan hidup. Harga lampu sekitar Rp 30-50ribuan.

4. Ornamen hiasan (batu, kayu dan lainnya)


Untuk menambah seni keindahan di aquascape, maka unsur batu, kayu dan lainnya, menjadi sebuah keharusan. Batu dan kayu tersebut bisa Anda dapatkan di lingkungan sekitar Anda atau di pinggir pantai. Kerang-kerang di pasir pantai juga bisa digunakan untuk menambah hiasan. Dan modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan-bahan tersebut sekitar 6-10ribuan per-kg untuk batu fosil dan sekitar 30-60 ribuan untuk jenis kayu.

5. Pasir malang


Di dasar laut atau danau nyata biasanya terdapat pasir tempat tumbuhan hidup dan menempel. Untuk menirunya, Anda bisa menggunakan jenis pasir malang untuk peletakan ornamen dan tumbuhan air. Harganya pun cukup terjangkau, hanya beberapa puluh ribu saja.

6. Pupuk dasar


Dalam menumbuhkan tanaman air di dalam aquascape, maka Anda membutuhkan sebuah nutrisi untuk tanaman tersebut. Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari pupuk dasar yang dituangkan sebelum pasir malang. Harganya sekitar 90-100ribuan / kg pupuk.

7. Ikan hias


Hal yang terpenting dari sebuah aquascape adalah kehidupan di dalamnya. Anda bisa menambahkan berbagai jenis ikan kecil untuk mengisi aquascape tersebut. Ikan yang sering dijadikan hiasan hidup untuk aquascape adalah ikan cupang, udang-udang kecil, kepiting, kerang, ikan gaby, dan lainnya. Harganya pun cukup murah, sekitar 2000-10000 per-ekornya.

Nah, itulah diatas biaya untuk modal awal bisnis aquascape. Dan diatas untuk perkiraan 1 buah aquascape sederhana. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya dengan artikel diatas. Berikanlah komentar anda, semoga bermanfaat, terimakasih.

3 Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula, Hobi setiap orang memang beragam, mulai dari travelling hingga mengoleksi ikan hias. Nah, bicara mengenai ikan hias, saat ini banyak pelaku bisnis ikan hias online. Yaitu menggeluti bisnis ikan hias yang dipasarkan secara online Penasaran ingin tahu lebih lanjut? Berikut pembahasannya.

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula
Image Source: pixabay.com

Jika Anda memiliki hobi untuk memelihara dan mengoleksi ikan hias, maka sudah sewajarnya Anda mengembangkannya menjadi suatu usaha yang menguntungkan. Di era digital seperti sekarang ini, Anda memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan banyak calon pembeli. Nah, terkait bisnis ikan hias online, berikut beberapa tips yang sebaiknya anda tahu, khususnya bagi anda para pebisnis pemula. Lihat juga : 4 Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan

Inilah Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis Ikan Hias Online


1. Kenali Seluk Beluk Ikan-Ikan yang Ingin Anda Pasarkan


Sebagai negara kepulauan, sudah sewajarnya jika Indonesia memiliki ribuan jenis ikan di perairannya. Baik itu ikan untuk dikonsumsi atau pun ikan untuk dikoleksi. Untuk jenis ikan hias sendiri, ada kurang lebih 700 macam ikan di perairan Indonesia, baik itu dari air laut maupun air tawar. Namun untuk saat ini, ada beberapa ikan hias yang menjadi primadona di Indonesia. Ikan-ikan tersebut adalah :

Ikan Cupang

Jenis ikan hias ini sudah tidak asing di telinga masyarakat. Bentuknya yang kecil dengan ekor melebar membuat ikan ini sangat unik dan lincah. Warnanya yang bermacam-macam mulai dari kuning, biru tua keemasan, merah cerah, hingga warna gelap semakin membuatnya cantik. Ikan ini sangat mudah ditemukan karena saat ini ikan cupang mulai dikomersilkan. Harganya pun bervariasi, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu per ekornya.

Ikan Arwana

Ikan ini cukup unik dan banyak dicari para penggemar ikan. Harga per ekornya yang sangat mahal membuat ikan ini menjadi berpotensi untuk dibuat sebuah bisnis. Sisiknya yang unik menjadi sebuah nilai tambah bagi ikan ini. Jenis ikan arwana yang paling diburu adalah jenis super red.

Ikan Buntal

Ikan ini bukanlah ikan air tawar seperti dua ikan di atas, melainkan ikan air laut. Bentuknya yang bulat kecil dan menggelembung jika disentuh merupakan salah satu keunikannya. Ikan ini sendiri mulai digemari masyarakat untuk dikoleksi di akuarium. Masih banyak lagi jenis ikan hias yang bisa dijualbelikan.

2. Membuat Akun Website, Blog, atau Akun Sosial Media


Langkah selanjutnya adalah membuat media tempat Anda melakukan promosi. Di era digital seperti sekarang ini, selain membuka toko tempat supply ikan hias, Anda juga bisa membuka toko di internet. Dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet yang stabil, Anda bisa membuat website atau blog hingga media sosial.

Untuk akun media sosial sendiri saat ini tersedia cukup banyak pilihan. Seperti instagram, Facebook, Telegram, Whatsapp, Path, Twitter, dan sebagainya. Pilihlah beberapa media sosial yang sekiranya paling anda suka dan paling cocok untuk melakukan promosi usaha. Misalkan Facebook, Twitter, ataupun Instagram.

3. Lakukan Promosi Secara Intens


Salah satu strategi pemasaran adalah promotion (promotion). Dalam memulai sebuah usaha baru (dalam hal ini adalah bisnis ikan hias online), promosi harus dilakukan secara intensive. Hal ini dilakukan agar market (calon konsumen) tahu bahwa Anda adalah penjual ikan hias.

Saat melakukan promosi di media sosial atau website, pilihlah gambar atau foto ikan yang paling bagus dan unik sehingga akan membuat konsumen tertarik. Sertakan penjelasan mendetail, terkait keunikan, kelebihan, dan harga yang anda tawarkan untuk setiap iklan yang Anda pasarkan. Lihat juga : 5 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Demikian diatas tips-tips dalam memulai bisnis ikan hias online yang bisa Anda coba. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Monday, May 21, 2018

4 Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan

Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan, Sebagaimana yang kita ketahui, usaha ternak dan budidaya hewan saat ini telah menjadi suatu lapangan pekerjaan, yang menjanjikan keuntungan menggiurkan. Dan tak sedikit yang menjalankannya dalam skala besar. Pasalnya, usaha ini terbilang mudah dan semua orang asalkan punya niat, tekun dan punya modal, bisa melakukannya.

Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan
Image Source: pixabay.com

Terlebih untuk di daerah pedesaan, dimana masih banyak lahan yang luas, serta air yang melimpah. Nah, jika anda tertarik menggeluti peluang usaha ternak ini, berikut beberapa jenis hewan ternak yang menguntungkan untuk dibudidayakan atau diternakkan. Apa saja kira-kira? Langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

1. Ternak Ayam Pedaging (Boiler)


Usaha ayam pedaging ini memang sangat menguntungkan dan layak ditekuni. Biasanya dalam setahun, peternak boiler bisa 3 sampai 4 kali panen dan omset yang didapatkan sangat menggiurkan. Di Indonesia sendiri, jumlah permintaan akan daging ini sangat besar sedangkan supply yang ada masih terbatas. Masyarakat yang sehari-hari mengkonsumsi ayam membuat usaha ini tetap eksis.

Munculnya rumah makan dan outlet dengan ayam sebagai menu utama semakin membuat usaha ini begitu menjanjikan. Di hari-hari tertentu, permintaan akan daging ayam ini sangat fantastis. Misalnya saja di Hari Raya Idul Fitri, tahun baru, dan hari-hari besar lainnya. Harga ayam yang semula sekitar 30 ribuan perkg bisa menjadi dua kali lipatnya.

2. Beternak sapi dan kambing


Sebagaimana yang kita tahu, jumlah permintaan hewan qurban sangat tinggi pada Hari Qurban. Di saat itulah peternak sapi dan kambing bisa mengeruk omset sampai bermilyar. Di hari biasa, harga daging sapi sebesar 60.000/kg sedangkan jika saat hari raya bisa menyentuh titik 150.000/kg.

Menggiurkan bukan? Sampai saat ini permintaan akan daging sapi dan kambing ini masih sangat tinggi. Bahkan Pemerintah Indonesia sempat mengimpor daging dari Australia dan New Zealand jika produksi daging sapi dalam negeri tidak mencukupi. Dengan fakta tersebut, usaha ini memang patut Anda pertimbangkan karena profit yang didapat sangat menjanjikan.

3. Usaha Budidaya Burung


Jenis usaha ini juga patut Anda pertimbangkan. Pasalnya saat ini animo masyarakat akan unggas dan burung sangat tinggi. Hampir di setiap rumah atau toko terdapat sangkar yang berisi berbagai macam burung. Tak jarang juga berbagai kompetisi burung, baik beauty contest atau singing contest diadakan dengan hadiah yang cukup menarik.

Untuk jenis burung yang sedang naik daun saat ini adalah jenis Lovebird. Burung ini sangat laku di pasaran dan permintaan selalu naik tiap tahunnya. Harga satu ekor lovebird berkisar dari harga 200 ribuan hingga 25 jutaan per ekornya.

4. Budidaya Ikan Lele


Untuk usaha ikan, jenis budidaya yang sangat digemari adalah usaha lele. Selain modal yang dibutuhkan tidak banyak, pemeliharaannya pun cukup simpel. Hal lain yang menjadikan lele sebagai ikan favorit adalah peternak bisa panen dalam waktu kurang dari 4 bulan sehingga BEP bisa kembali dalam waktu singkat.

Selain itu untuk lokasi pembudidayaan tidak membutuhkan wilayah dan alat yang begitu rumit. Cukup dengan plastik terpal dan sebuah lahan kosong yang tidak terlalu luas di pekarangan rumah maka anda bisa memulai ternak lele.

Demikian sedikit ulasan tentang beberapa jenis peluang usaha ternak menguntungkan yang bisa Anda coba. Jika Anda berhasil maka Anda bisa mendapat omset yang sangat besar. Selamat mencoba dan semoga sukses. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya. Berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Sunday, May 20, 2018

Inilah 4 Keuntungan Bisnis Offline

Keuntungan Bisnis Offline, Saat ini eksistensi bisnis online memang sedang bagus-bagusnya. Bahkan trendnya dari tahun ke tahun selalu meningkat pesat. Namun begitu, bukan berarti bisnis offline sudah tidak menarik lagi. Faktanya, masih banyak keuntungan dari menjalankan bisnis offline, di banding bisnis online.

4 Keuntungan Bisnis Offline
Image Source: pixabay.com

Nah, mau tahu apa saja keuntungan bisnis offline tersebut? Berikut kami bagikan beberapa diantaranya:

Ragam Keuntungan Menjalankan Bisnis Secara Offline


1. Persaingan tidak seketat bisnis online


Persaingan global adalah persaingan tingkat tinggi dengan cakupan yang luas. Biasanya ini terjadi pada para pelaku bisini online. Namun untuk bisnis ofline hal tersebut tidak berlaku. Untuk bisnis offline, persaingannya hanya sebatas satu daerah atau satu wilayah saja, yakni pada jenis bisnis yang menjalankan usaha sama. baca juga : 5 Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris

Jadi, dibandingkan dengan bisnis online persaingan bisnis offline ini tidak terlalu ketat. Jadi, asal bisa melayani pelanggan dengan maksimal, dan bersaing dalam hal harga, maka tidak sulit untuk bisa sukses didalamnya.

2. Tingkat kepercayaan konsumen tinggi


Faktor utama yang menjadikan bisnis offline lebih menguntungkan adalah tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi. Dan hal tersebut tentu wajar, sebab pembeli bisa langsung bertatap muka dengan penjual, dan pembeli bisa langsung melihat, memegang dan mengamati produk yang akan di beli. Dengan begitu, pembeli bisa yakin. Berbeda dengan membeli secara online yang hanya bisa melihat gambarnya saja. Tanpa tahu detailnya, apakah bahannya bagus atau tidak.

Terlebih untuk pembeli dari kalangan orang tua. Membeli secara offline, atau datang langsung ke tokonya tetap menjadi pilihan terbaik. Dengan fakta tersebut, tentu saja wajar jika bisnis yang dijalankan secara offline masih sangat menguntungkan, tak kalah dengan bisnis online yang sedang eksis saat ini.

3. Mudah melayani customer atau pembeli


Bisnis offline adalah bisnis yang dilakukan secara langsung atau nyata. Pelayanan dalam bisnis offline lebih mudah karena pelaku bisnis bisa bertatap muka langsung dengan customer. Jadi penjual tak perlu menjelaskan secara mendetail barang yang akan di jual. Cukup menunjukkan barang yang di inginkan konsumen, dan konsumen atau pembeli akan mengecek langsung barang tersebut.

Tanpa diberi tahu pun, pembeli bisa menilai sejauh mana kwalitas dari barang tersebut. Namun begitu, bukan berarti sebagai penjual hanya diam saja. Tetap saja sang penjual harus ramah terhadap pembeli. Dengan begitu pembeli merasa nyaman dan di perhatikan.

4. Promosi bisa dilakukan dengan sangat efektif


Melakukan promosi secara online memang bisa dijalankan dengan mudah. Cukup memanfaatkan media sosial secara gratisan atau berbayar, maka produk anda akan banyak dilihat pengguna internet. Pun begitu, jika anda menjalankan bisnis secara offline. Walau tidak memanfaatkan internet, namun promosi juga bisa dilakukan dengan mudah dan cukup efektif.

Asal kita melakukannya dengan benar. Misal kita menjual produk aneka kebutuhan bayi. Maka, bisa dengan membuat brosur yang menjelaskan produk yang kita jual, kemudian bagikan pada ibu-ibu yang sedang posyandu di sekitar tempat usaha anda, atau ke rumah sakit anak, sekolah Paud dan sebagainya. Baca juga : 4 Bisnis Yang Belum Ada Di Indonesia.

Dengan begitu promosi yang kita lakukan tepat sasaran. Selain itu, kita bisa memasang spanduk atau banner dengan tulisan yang jelas dan menarik perhatian. Dengan begitu orang akan tahu dengan usaha atau produk yang sedang kita tawarkan.

Nah, itulah diatas beragam keuntungan yang bisa kita dapat saat menjalankan bisnis secara offline. Jadi, mulai sekarang jangan ragu menjalankan bisnis offline, meskipun eksistensi bisnis online saat ini terus meroket. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, Berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, Terimakasih.

Wednesday, May 9, 2018

4 Bisnis Yang Belum Ada Di Indonesia

Bisnis Yang Belum Ada Di Indonesia, Pernahkah berpikir untuk membuat usaha yang benar-benar beda, yang belum ada pesaingnya sama sekali di tempat anda, atau bahkan di Indonesia? Nah jika itu yang saat ini anda pikirkan, mungkin beberapa referensi ide peluang usaha berikut ini bisa anda pertimbangkan. Walau di Indonesia mungkin belum ada, namun faktanya di luar negeri, usaha tersebut sudah banyak yang menggeluti.

Bisnis Yang Belum Ada Di Indonesia
Image Source : pixabay.com

Inilah 4 Ide Bisnis yang Belum Ada di Indonesia


1. Bisnis Sewa Pacar


Bisnis sewa pacar, tentu saja merupakan bisnis yang unik bukan? bisnis ini dijalankan karena semakin tahun populasi jomblo semakin meningkat. Mereka yang jomblo disebabkan entah itu yang karena belum mendapatkan pasangan yang cocok atau yang memang tidak mau menjalin hubungan. Populasi jomblo yang meningkat beberapa tahun belakangan menjadikan bisnis persewaan pacar semakin marak.

Anda yang jomblo bisa menyewa pacar dengan hitungan jam dengan biaya yang sudah ditentukan. Biasanya bisnis sewa pacar akan ramai di musim-musim kondangan dan wisuda. Pada musim wisuda banyak orang yang kurang tegar untuk wisuda tanpa pendamping atau ke kondangan tanpa gandengan.

2. Bisnis Meminta Maaf Pada Seseorang


Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat akan meminta maaf pada seseorang? Pasti ada banyak orang yang mengalami kesulitan ketika akan meminta maaf. Seseorang kesulitan minta maaf pada orang lain memiliki alasan beragam diantaranya ada yang gengsi minta maaf, ada yang sulit mengungkapkan kata-kata, dan berbagai alasan lain.

Bisnis meminta maaf pada seseorang ini sudah dijalankan di jepang yaitu jasa menggantikan posisi seseorang untuk meminta maaf. Cara meminta maaf yang dilakukan bermacam-macam, bisa melalui telepon, via email, atau bertemu langsung dengan orang yang ingin dimintai maaf.

Nah jika bisnis ini dijalankan di Indonesia pasti ada banyak sekali orang yang membutuhkan jasa permintaan maaf ini. Jasa permintaan maaf seperti ini perlu karena kebanyakan orang Indonesia jaman now sangat gengsi untuk mengaku salah dan minta maaf. Bener kan. Lihat juga artikel 5 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada.

3. Bisnis Sewa Hewan Peliharaan


Bukan hanya pacar ternyata ada juga jasa penyewaan ayam. Dalam menjalankan bisnis sewa ayam, Ayam yang disewa tersebut bisa dikembalikan kapan saja bila sudah bosan. Anda bisa mengembalikan ayam ke pemiliknya pada musim hujan dimana perawatan ternak ayam sulit dilakukan dan bahaya flu burung muncul.

Dengan menyewa ayam, maka Anda bisa mendapatkan sepasang ayam jantan dan betina, kandang, dan panduan memelihara ayam. Bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang baik jika anda ingin beternak ayam untuk komersil, ataupun hanya untuk mengambil telurnya sebagai menu sarapan. Pertama kali bisnis yang terkesan aneh ini mungkin Anda tertawa geli, tapi ternyata bisnis penyewaan ayam di Amerika cukup berkembang.

4. Bisnis POM Bensin Berjalan


Saat anda sedang dalam perjalanan, pasti menjengkelkan apabila bahan bakar anda habis ditengah jalan. Kehabisan bahan bakar biasanya sering terjadi saat mengalami macet panjang. Nah, untuk mengatasi kendaraan kehabisan bahan bakar, ternyata sebuah perusahaan asal Amerika bernama Booster Fuels melihat peluang bisnis ini dan memberikan layanan pom bensin berjalan.

Bisnis POM bensin berjalan sama halnya mereka menjual bensin juga, bedanya pom bensin berjalan adalah penyedia jasa yang mendatangi konsumen. Mungkin ide berbisnis pom bensin keliling ini masih dianggap aneh dan konyol saat ini. Namun, beberapa tahun ke depan ide bisnis pom bensin bejalan ini pasti akan dianggap sangat masuk akal dan menguntungkan.

Bagaimana, sungguh unik-unik semua bukan ide bisnis yang belum ada di Indonesia diatas dan anda sendiri tinggal memilih bisnis yang tepat dan cocok untuk anda jalankan. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, Berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.