Monday, May 21, 2018

4 Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan

Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan, Sebagaimana yang kita ketahui, usaha ternak dan budidaya hewan saat ini telah menjadi suatu lapangan pekerjaan, yang menjanjikan keuntungan menggiurkan. Dan tak sedikit yang menjalankannya dalam skala besar. Pasalnya, usaha ini terbilang mudah dan semua orang asalkan punya niat, tekun dan punya modal, bisa melakukannya.

Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan
Image Source: pixabay.com

Terlebih untuk di daerah pedesaan, dimana masih banyak lahan yang luas, serta air yang melimpah. Nah, jika anda tertarik menggeluti peluang usaha ternak ini, berikut beberapa jenis hewan ternak yang menguntungkan untuk dibudidayakan atau diternakkan. Apa saja kira-kira? Langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

1. Ternak Ayam Pedaging (Boiler)


Usaha ayam pedaging ini memang sangat menguntungkan dan layak ditekuni. Biasanya dalam setahun, peternak boiler bisa 3 sampai 4 kali panen dan omset yang didapatkan sangat menggiurkan. Di Indonesia sendiri, jumlah permintaan akan daging ini sangat besar sedangkan supply yang ada masih terbatas. Masyarakat yang sehari-hari mengkonsumsi ayam membuat usaha ini tetap eksis.

Munculnya rumah makan dan outlet dengan ayam sebagai menu utama semakin membuat usaha ini begitu menjanjikan. Di hari-hari tertentu, permintaan akan daging ayam ini sangat fantastis. Misalnya saja di Hari Raya Idul Fitri, tahun baru, dan hari-hari besar lainnya. Harga ayam yang semula sekitar 30 ribuan perkg bisa menjadi dua kali lipatnya.

2. Beternak sapi dan kambing


Sebagaimana yang kita tahu, jumlah permintaan hewan qurban sangat tinggi pada Hari Qurban. Di saat itulah peternak sapi dan kambing bisa mengeruk omset sampai bermilyar. Di hari biasa, harga daging sapi sebesar 60.000/kg sedangkan jika saat hari raya bisa menyentuh titik 150.000/kg.

Menggiurkan bukan? Sampai saat ini permintaan akan daging sapi dan kambing ini masih sangat tinggi. Bahkan Pemerintah Indonesia sempat mengimpor daging dari Australia dan New Zealand jika produksi daging sapi dalam negeri tidak mencukupi. Dengan fakta tersebut, usaha ini memang patut Anda pertimbangkan karena profit yang didapat sangat menjanjikan.

3. Usaha Budidaya Burung


Jenis usaha ini juga patut Anda pertimbangkan. Pasalnya saat ini animo masyarakat akan unggas dan burung sangat tinggi. Hampir di setiap rumah atau toko terdapat sangkar yang berisi berbagai macam burung. Tak jarang juga berbagai kompetisi burung, baik beauty contest atau singing contest diadakan dengan hadiah yang cukup menarik.

Untuk jenis burung yang sedang naik daun saat ini adalah jenis Lovebird. Burung ini sangat laku di pasaran dan permintaan selalu naik tiap tahunnya. Harga satu ekor lovebird berkisar dari harga 200 ribuan hingga 25 jutaan per ekornya.

4. Budidaya Ikan Lele


Untuk usaha ikan, jenis budidaya yang sangat digemari adalah usaha lele. Selain modal yang dibutuhkan tidak banyak, pemeliharaannya pun cukup simpel. Hal lain yang menjadikan lele sebagai ikan favorit adalah peternak bisa panen dalam waktu kurang dari 4 bulan sehingga BEP bisa kembali dalam waktu singkat.

Selain itu untuk lokasi pembudidayaan tidak membutuhkan wilayah dan alat yang begitu rumit. Cukup dengan plastik terpal dan sebuah lahan kosong yang tidak terlalu luas di pekarangan rumah maka anda bisa memulai ternak lele.

Demikian sedikit ulasan tentang beberapa jenis peluang usaha ternak menguntungkan yang bisa Anda coba. Jika Anda berhasil maka Anda bisa mendapat omset yang sangat besar. Selamat mencoba dan semoga sukses. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya. Berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon