Tuesday, May 22, 2018

7 Modal Awal Bisnis Aquascape

Modal Awal Bisnis Aquascape, Bukan rahasia lagi jika saat ini penggemar aquascape semakin banyak. Trend ini khususnya diminati kalangan menengah ke atas. Dimana untuk melengkapi keindahan salah satu sudut ruangan di rumah, diletakkan aquascape yang cantik dengan aneka fauna air didalamnya.

Modal Awal Bisnis Aquascape
Image Source: advancedaquarist.com

Dengan fakta diatas, tentu saja menjalankan bisnis aquascape cukup menguntungkan dan memiliki prospek cerah untuk jangka panjang. Karena peminatnya makin hari makin banyak saja. Terlebih pelaku bisnis untuk bidang ini, masih belum banyak pemainnya. Jadi masih sangat terbuka lebar potensi kesuksesan yang bisa diraih.

Inilah 7 Modal Awal Bisnis Aquascape Yang Wajib Anda Ketahui


Bicara mengenai potensi keuntungan, beberapa pengusaha aquascape menyatakan jika dalam satu bulan mereka bisa mendapat omset lebih dari 1 miliar. Untuk masalah harga, satu buah aquascape dipatok dengan harga beragam. Bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta, tentunya tergantung jenis aquascapenya.

Lantas, kira-kira berapa modal awal bisnis aquascape?

Walau dipasarkan dengan harga jutaan, ternyata untuk membuat sebuah aquascape sederhana, modal yang diperlukan cukup sedikit yaitu hanya diperlukan budget beberapa ratus ribu saja. Seni estetika yang ada dalam sebuah aquascape lah, yang membuatnya memiliki nilai jual yang tinggi. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian biaya untuk membuat aquascape. Lihat juga artikel terkait tentang 3 Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula.

1. Satu set aquarium


Rata-rata bentuk aquarium yang digunakan untuk membuat aquascape adalah kotak (kubus dan persegi panjang). Harga satu buah aquarium tidak terlalu mahal, yaitu antara 60.000 – 70.000 dengan rata-rata ukuran 60 cmx 40 cm x 40 cm. Untuk mendapatkan satu set aquarium, Anda bisa mendapatkannya di toko kaca atau datang langsung ke tempat produksi aquarium.

2. Filter udara


Filter untuk aquascape bisa berbentuk seperti pipa-pipa atau tabung. Filter ini sendiri berfungsi untuk menyaring air di dalam aquarium agar selalu dalam keadaan yang bersih. Untuk praktik membuat aquascape, gunakan filter yang berharga murah yaitu sekitar Rp 50.000.

3. Lampu


Dunia bawah air selalu terkena sinar matahari agar tanaman bawah air bisa berfotosintesis. Namun jika sebuah tanaman air diletakkan di dalam aquarium, darimana ia bisa memperoleh energi tersebut? Tentu saja dari lampu yang di pasang di sekeliling aquarium. Sinar yang dipancarkan lampu tersebut bisa digunakan tanaman air di dalam aquarium untuk berfotosintesis. Hal ini akan membuat tanaman air tersebut senantiasa segar dan hidup. Harga lampu sekitar Rp 30-50ribuan.

4. Ornamen hiasan (batu, kayu dan lainnya)


Untuk menambah seni keindahan di aquascape, maka unsur batu, kayu dan lainnya, menjadi sebuah keharusan. Batu dan kayu tersebut bisa Anda dapatkan di lingkungan sekitar Anda atau di pinggir pantai. Kerang-kerang di pasir pantai juga bisa digunakan untuk menambah hiasan. Dan modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan-bahan tersebut sekitar 6-10ribuan per-kg untuk batu fosil dan sekitar 30-60 ribuan untuk jenis kayu.

5. Pasir malang


Di dasar laut atau danau nyata biasanya terdapat pasir tempat tumbuhan hidup dan menempel. Untuk menirunya, Anda bisa menggunakan jenis pasir malang untuk peletakan ornamen dan tumbuhan air. Harganya pun cukup terjangkau, hanya beberapa puluh ribu saja.

6. Pupuk dasar


Dalam menumbuhkan tanaman air di dalam aquascape, maka Anda membutuhkan sebuah nutrisi untuk tanaman tersebut. Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari pupuk dasar yang dituangkan sebelum pasir malang. Harganya sekitar 90-100ribuan / kg pupuk.

7. Ikan hias


Hal yang terpenting dari sebuah aquascape adalah kehidupan di dalamnya. Anda bisa menambahkan berbagai jenis ikan kecil untuk mengisi aquascape tersebut. Ikan yang sering dijadikan hiasan hidup untuk aquascape adalah ikan cupang, udang-udang kecil, kepiting, kerang, ikan gaby, dan lainnya. Harganya pun cukup murah, sekitar 2000-10000 per-ekornya.

Nah, itulah diatas biaya untuk modal awal bisnis aquascape. Dan diatas untuk perkiraan 1 buah aquascape sederhana. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya dengan artikel diatas. Berikanlah komentar anda, semoga bermanfaat, terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon