Tuesday, May 22, 2018

3 Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula, Hobi setiap orang memang beragam, mulai dari travelling hingga mengoleksi ikan hias. Nah, bicara mengenai ikan hias, saat ini banyak pelaku bisnis ikan hias online. Yaitu menggeluti bisnis ikan hias yang dipasarkan secara online Penasaran ingin tahu lebih lanjut? Berikut pembahasannya.

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Bagi Pemula
Image Source: pixabay.com

Jika Anda memiliki hobi untuk memelihara dan mengoleksi ikan hias, maka sudah sewajarnya Anda mengembangkannya menjadi suatu usaha yang menguntungkan. Di era digital seperti sekarang ini, Anda memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan banyak calon pembeli. Nah, terkait bisnis ikan hias online, berikut beberapa tips yang sebaiknya anda tahu, khususnya bagi anda para pebisnis pemula. Lihat juga : 4 Peluang Usaha Ternak Yang Terbukti Menguntungkan

Inilah Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis Ikan Hias Online


1. Kenali Seluk Beluk Ikan-Ikan yang Ingin Anda Pasarkan


Sebagai negara kepulauan, sudah sewajarnya jika Indonesia memiliki ribuan jenis ikan di perairannya. Baik itu ikan untuk dikonsumsi atau pun ikan untuk dikoleksi. Untuk jenis ikan hias sendiri, ada kurang lebih 700 macam ikan di perairan Indonesia, baik itu dari air laut maupun air tawar. Namun untuk saat ini, ada beberapa ikan hias yang menjadi primadona di Indonesia. Ikan-ikan tersebut adalah :

Ikan Cupang

Jenis ikan hias ini sudah tidak asing di telinga masyarakat. Bentuknya yang kecil dengan ekor melebar membuat ikan ini sangat unik dan lincah. Warnanya yang bermacam-macam mulai dari kuning, biru tua keemasan, merah cerah, hingga warna gelap semakin membuatnya cantik. Ikan ini sangat mudah ditemukan karena saat ini ikan cupang mulai dikomersilkan. Harganya pun bervariasi, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu per ekornya.

Ikan Arwana

Ikan ini cukup unik dan banyak dicari para penggemar ikan. Harga per ekornya yang sangat mahal membuat ikan ini menjadi berpotensi untuk dibuat sebuah bisnis. Sisiknya yang unik menjadi sebuah nilai tambah bagi ikan ini. Jenis ikan arwana yang paling diburu adalah jenis super red.

Ikan Buntal

Ikan ini bukanlah ikan air tawar seperti dua ikan di atas, melainkan ikan air laut. Bentuknya yang bulat kecil dan menggelembung jika disentuh merupakan salah satu keunikannya. Ikan ini sendiri mulai digemari masyarakat untuk dikoleksi di akuarium. Masih banyak lagi jenis ikan hias yang bisa dijualbelikan.

2. Membuat Akun Website, Blog, atau Akun Sosial Media


Langkah selanjutnya adalah membuat media tempat Anda melakukan promosi. Di era digital seperti sekarang ini, selain membuka toko tempat supply ikan hias, Anda juga bisa membuka toko di internet. Dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet yang stabil, Anda bisa membuat website atau blog hingga media sosial.

Untuk akun media sosial sendiri saat ini tersedia cukup banyak pilihan. Seperti instagram, Facebook, Telegram, Whatsapp, Path, Twitter, dan sebagainya. Pilihlah beberapa media sosial yang sekiranya paling anda suka dan paling cocok untuk melakukan promosi usaha. Misalkan Facebook, Twitter, ataupun Instagram.

3. Lakukan Promosi Secara Intens


Salah satu strategi pemasaran adalah promotion (promotion). Dalam memulai sebuah usaha baru (dalam hal ini adalah bisnis ikan hias online), promosi harus dilakukan secara intensive. Hal ini dilakukan agar market (calon konsumen) tahu bahwa Anda adalah penjual ikan hias.

Saat melakukan promosi di media sosial atau website, pilihlah gambar atau foto ikan yang paling bagus dan unik sehingga akan membuat konsumen tertarik. Sertakan penjelasan mendetail, terkait keunikan, kelebihan, dan harga yang anda tawarkan untuk setiap iklan yang Anda pasarkan. Lihat juga : 5 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Demikian diatas tips-tips dalam memulai bisnis ikan hias online yang bisa Anda coba. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon