Sunday, May 20, 2018

Inilah 4 Keuntungan Bisnis Offline

Keuntungan Bisnis Offline, Saat ini eksistensi bisnis online memang sedang bagus-bagusnya. Bahkan trendnya dari tahun ke tahun selalu meningkat pesat. Namun begitu, bukan berarti bisnis offline sudah tidak menarik lagi. Faktanya, masih banyak keuntungan dari menjalankan bisnis offline, di banding bisnis online.

4 Keuntungan Bisnis Offline
Image Source: pixabay.com

Nah, mau tahu apa saja keuntungan bisnis offline tersebut? Berikut kami bagikan beberapa diantaranya:

Ragam Keuntungan Menjalankan Bisnis Secara Offline


1. Persaingan tidak seketat bisnis online


Persaingan global adalah persaingan tingkat tinggi dengan cakupan yang luas. Biasanya ini terjadi pada para pelaku bisini online. Namun untuk bisnis ofline hal tersebut tidak berlaku. Untuk bisnis offline, persaingannya hanya sebatas satu daerah atau satu wilayah saja, yakni pada jenis bisnis yang menjalankan usaha sama. baca juga : 5 Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris

Jadi, dibandingkan dengan bisnis online persaingan bisnis offline ini tidak terlalu ketat. Jadi, asal bisa melayani pelanggan dengan maksimal, dan bersaing dalam hal harga, maka tidak sulit untuk bisa sukses didalamnya.

2. Tingkat kepercayaan konsumen tinggi


Faktor utama yang menjadikan bisnis offline lebih menguntungkan adalah tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi. Dan hal tersebut tentu wajar, sebab pembeli bisa langsung bertatap muka dengan penjual, dan pembeli bisa langsung melihat, memegang dan mengamati produk yang akan di beli. Dengan begitu, pembeli bisa yakin. Berbeda dengan membeli secara online yang hanya bisa melihat gambarnya saja. Tanpa tahu detailnya, apakah bahannya bagus atau tidak.

Terlebih untuk pembeli dari kalangan orang tua. Membeli secara offline, atau datang langsung ke tokonya tetap menjadi pilihan terbaik. Dengan fakta tersebut, tentu saja wajar jika bisnis yang dijalankan secara offline masih sangat menguntungkan, tak kalah dengan bisnis online yang sedang eksis saat ini.

3. Mudah melayani customer atau pembeli


Bisnis offline adalah bisnis yang dilakukan secara langsung atau nyata. Pelayanan dalam bisnis offline lebih mudah karena pelaku bisnis bisa bertatap muka langsung dengan customer. Jadi penjual tak perlu menjelaskan secara mendetail barang yang akan di jual. Cukup menunjukkan barang yang di inginkan konsumen, dan konsumen atau pembeli akan mengecek langsung barang tersebut.

Tanpa diberi tahu pun, pembeli bisa menilai sejauh mana kwalitas dari barang tersebut. Namun begitu, bukan berarti sebagai penjual hanya diam saja. Tetap saja sang penjual harus ramah terhadap pembeli. Dengan begitu pembeli merasa nyaman dan di perhatikan.

4. Promosi bisa dilakukan dengan sangat efektif


Melakukan promosi secara online memang bisa dijalankan dengan mudah. Cukup memanfaatkan media sosial secara gratisan atau berbayar, maka produk anda akan banyak dilihat pengguna internet. Pun begitu, jika anda menjalankan bisnis secara offline. Walau tidak memanfaatkan internet, namun promosi juga bisa dilakukan dengan mudah dan cukup efektif.

Asal kita melakukannya dengan benar. Misal kita menjual produk aneka kebutuhan bayi. Maka, bisa dengan membuat brosur yang menjelaskan produk yang kita jual, kemudian bagikan pada ibu-ibu yang sedang posyandu di sekitar tempat usaha anda, atau ke rumah sakit anak, sekolah Paud dan sebagainya. Baca juga : 4 Bisnis Yang Belum Ada Di Indonesia.

Dengan begitu promosi yang kita lakukan tepat sasaran. Selain itu, kita bisa memasang spanduk atau banner dengan tulisan yang jelas dan menarik perhatian. Dengan begitu orang akan tahu dengan usaha atau produk yang sedang kita tawarkan.

Nah, itulah diatas beragam keuntungan yang bisa kita dapat saat menjalankan bisnis secara offline. Jadi, mulai sekarang jangan ragu menjalankan bisnis offline, meskipun eksistensi bisnis online saat ini terus meroket. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, Berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, Terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon