Wednesday, May 23, 2018

Apa Itu Aquascape dan Pengertiannya

Apa Itu Aquascape dan Pengertiannya, Apakah anda hobi memelihara atau mengoleksi ikan hias? Jika iya, maka aquarium besar dengan beragam jenis ikan di dalamnya, menjadi hal menarik buat anda. Namun tahukah anda, dalam dunia koleksi ikan, tidak hanya aquarium yang populer. Tapi juga ada istilah Aquascape, yang akhir-akhir ini mulai jadi trend.

Apa Itu Aquascape dan Pengertiannya
Image Source: alamikan.com

Pengertian Aquascape


Lantas apakah yang dimaksud aquascape itu? Banyak orang yang sulit membedakan antara aquarium dan aquascape. Jadi, aquascape adalah sebuah seni menghias aquarium menjadi sebuah lanskap yang unik dengan berbagai ornamen dan ikan-ikan kecil. Dalam membuat sebuah aquascape diperlukan seni dan kreatifitas yang tinggi. Aquarium dan aquascape memiliki persamaan yaitu terbuat dari kaca, bahan acrylic, dan bahan yang lain.

Dewasa ini, perkembangan bisnis aquascape sangat pesat. Tidak sedikit orang yang mendapat keuntungan besar dari bisnis membuat serta memasarkan aquascape ini. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini kami akan bagikan ulasan mengenai perbedaan mendasar antara aquarium dan aquascape. Silahkan disimak dan lihat juga artikel 7 Modal Awal Bisnis Aquascape.

1. Titik fokus


Akuarium merupakan kaca kotak yang berfungsi sebagai tempat tinggal ikan. Untuk aquarium, ia hanya berfokus pada ikan-ikan yang lumayan besar sebagai objeknya. Berbeda dengan aquascape yang berfokus pada ornamen dan isi dari wadah. Ornamen-ornamen tersebut adalah pasir, batu fosil, tanaman air, kayu, dan lainnya.

Sedangkan untuk faunanya, aquascape tidak hanya berfokus pada ikan-ikan kecil. Namun bisa juga ditambah dengan hewan air yang lain, seperti ubur-ubur yang kecil, kepiting, udang, bintang laut, dan kerang. Ikan yang kecil bertujuan agar tidak merusak tanaman air yang ada.

2. Gaya dan desain


Untuk aquarium sendiri, desain yang dipakai lebih monoton dan itu-itu saja. Sedangkan untuk aquascape, terdapat dua gaya yang mendominasi yaitu gaya aquascape alami dan aquascape Belanda. Untuk gaya alami, aquascape lebih menekankan pada sebuah landskap tertentu, misalnya bawah danau, laut, hutan hujan, pegunungan, dan sebagainya.

Di sini, ia menonjolkan pada unsur keselarasan, kecocokan, dan cara pengelompokkan batu, kayu, pasir, dan unsur yang lain. Hal ini dimaksudkan agar tercipta sebuah aquascape yang mirip dengan landskap aslinya. Sedangkan untuk aquascape bergaya Belanda lebih menitik beratkan pada pemilihan dan peletakkan jenis-jenis tanaman air dengan warna yang berbeda (kontras). Dengan warna yang berbeda-beda, efek yang tercipta di dalam air akan lebih menarik.

3. Pembersihan tempat


Banyak orang yang beranggapan bahwa aquascape akan lebih sulit dibersihkan daripada aquarium. Namun pada kenyataannya, air dalam aquascape bisa bertahan lebih lama daripada aquarium. Apa penyebabnya? Aquascape adalah ekosistem buatan yang memiliki makhluk hidup di dalamnya, berupa fauna air kecil dan tanaman air.

Aquascape memiliki tanaman air yang selalu berfotosintesis dan aktif menyerap air, kelebihan nutrisi, dan sisa-sisa kotoran hewan kecil di dalamnya. Di dalam aquascape juga terdapat bakteri-bakteri yang bisa menguraikan kotoran di air. Serta fauna-fauna di dalamnya yang bisa membersihkan air. Hal inilah yang menyebabkan air di dalam aquascape terlihat lebih bersih dan tetap jernih walaupun sudah satu bulan. Berbeda dengan aquarium biasa yang berisikan air dan ikan-ikan yang cukup besar.

Dalam waktu kurang dari satu minggu air di dalamnya akan terlihat kotor, berubah warna, dan baunya menjadi amis. Jika air di aquarium tidak segera diganti dengan air yang bersih, dikhawatirkan ikan-ikan di dalamnya akan mati.

Itulah diatas, sedikit ulasan mengenai apa itu aquascape. Selain banyak keuntungan yang didapatkan, aquascape juga bisa dijadikan ladang bisnis baru yang menggiurkan. Jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya dengan artikel diatas. Berikanlah komentar anda dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon